Kamis, 30 April 2020

CARA ALAMI MENGATASI JERAWAT

Masalah jerawat

Mendengar kata 'Jerawat' pasti akan seru sekali membahas permasalahan yang satu ini. Kenapa yaa? Karena hampir tiap orang pasti pernah mengalami yang namanya 'Jerawat'. 

Sejak SMP, aytau masa puberty, teman-teman saya sudah banyak yang mengeluhkan masalah yang satu ini. Beranjak ke bangku SMA pun banyak teman masih curhat tentang masalah ini. Saya sih santai saja, karena saya memang tidak mengalami masalah jerawat di usia itu.

Yang membuat saya bingung dan heran itu, kenapa jerawat saya itu baru muncul di usia 32 tahun. Waktu badai jerawat menghantam wajah saya, baru deh saya merasakan hal yang pernah  menjadi curhatan teman-teman saya. Rupanya seperti itu rasanya . Bukan karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh jerawat. Tapi bekas hitam yang membuat noda di wajah yang menurunkan rasa kepercayaan diri. 

Bekas jerawat yang menghitam itulah yang membuat penampilan kita tidak sedap dipandang mata. bahkan bercermin pun rasanya malu pada cermin. Baru deh kebayang rasanya malu bertemu pacar dalam keadaan seperti itu. Untungnya saya berjerawatan itu saat sudah punya pasangan. tapi tetap saja akan menurunkan rasa kepercayaan diri dalam pergaulan.


Jerawat itu apa sih?

Jerawat adalah salah satu permasalah kulit pada wajah yang sudah sangat umum. Masalah kulit ini meskipun tergolong tidak berbahaya, tapi harus tetap menjadi perhatian kita. Tidak boleh dibiarkan begitu saja.  Karena dampaknya pada psikis kita, yaitu menurunkan rasa percaya diri. (pengalaman pribadi).



Penyebab Jerawat

Dari beberapa hasil studi menyatakan  bahwa umumnya jerawat terjaa di akibat meningkatnya kadar androgen. Androgen adalah sejenis hormon yang menghasilkan kelenjar minyak dalam lapisan kulit menjadi berlebih.

Minyak yang berlebih pada sel-sel kulit wajah ini, lalu memecah dinding sel pori-pori kulit wajah, sehingga menimbulkan bakteri yang tumbuh menjadi jerawat. Bisa dibilang ini faktor hormonal alias internal terjadinya jerawat.

Selain karena faktor internal, jerawat juga bisa di picu oleh faktor eksternal yaitu:
  1. Pemakaian kosmetik yang terlalu banyak mengandung minyak.
  2. Karena malas membersihkan kulit wajah setelah seharian beraktifitas diluar.

Jenis-jenis Jerawat

Mungkin kebanyakan diaantara kita hanya mengetahui jerawat itu hanya benjolan kecil pada wajah. padahal jerawat memliki beberapa tipe, diantaranya : 

  1. Whiteheads, yaitu komedo tertutup yang sangat kecil berwarna putih atau kekuningan.
  2. Blackheads, yaitu komedo warnahitam yang terdapat di daerah hidung.
  3. Popules, benjolan warna merah muda
  4. Pustules, benjolan warna merah yang disertai cairan putih di bagian puncak tengah, (kalau saya sih menyebutnya mata jerawat, Emang jerawat punya mata juga )
  5. Nobules, jerawat besar yang tertanam jauh di bawah permukaan kulit ( jenis ini nih yang bahaya kalau dipencet, bisa jadi bopeng. Eh tapi jerawat jenis apapun sebaiknya jangan dipencet say, apalagi saat kondisi tangan tidak steril)
  6. Cyst, benjolan yang disertai dengan cairan nanah yang kalau dipencet rasanya lebih menyakitkan. ( walaupun sakitnya tidak se-menyakitkan diputusin mantan sih, dan sakitnya juga tidak sampe baper).

Mencegah Jerawat.

Dipasaran banyak tersedia obat pereda jerawat. Tetapi langkah pencegahan lebih baik kita lakukan, supaya jerawat tidak memberontak menyerang kulit wajah anda. 

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih. konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi vitalitas kulit, seperti buah dan sayuran.
  2. Kenali tipe kulit wajah anda. Untuk memudahkan pemilihan kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit anda.
  3. Rajin mencuci muka saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Mencuci wajah paada pagi hari saat bangun tidur bertujuan menghapus minyak pada wajah. Dan mencuci wajah pada malam hari bertujuan menghapus sisa-sisa kosmetik dan debu setelah seharian beraktifitas diluar rumah. Akhiri dengan menggunakan pelempab atau krim malam yang sesuai dengan tipe kulit anda sebelum tidur.

Jika kulit terlanjur berjerawat, ada kok cara alami untuk mengatasinya, caranya yaitu dengan mengkompres jerawat dengan es batu, dilapisi dengan kantong plastik yang bersih.Oleskan selama kurang lima menit. Rasa dingin yang ditimbulkan dari es batu dapat mengurangi kemerahan dan mengurangi peradangan. 







2 komentar:

  1. Yang membuat saya bingung dan heran itu, kenapa jerawat saya itu baru muncul di usia 32 tahun

    Mungkin biar tetap kelihatan seperti anak ABG yang muncul jerawatnya karena lagi jatuh cinta.. ahhayy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. suerka daeng, saya kena jerawatan itu di usia itu, heran betulka. andai 1 biji ji yg muncul, tidak na bkin stres ja, tapi itu langsung sekaliguus banyak. pdhal waktu masa puberty ku dlu, sebiji pun tdk ada jerawatku.

      Hapus