Sabtu, 02 Mei 2020

Perjalanan Sahur Ramadhan Bersama PARA PENCARI TUHAN


                                              
           
            
Jumat 24 Mei 2020, umat muslim di seluruh dunia memasuki datangnya bulan suci Ramadhan. Bulan yang selalu dirindukan oleh umat Islam. Selalu ada getar-getar kerinduan menyambut  bulan ini.
            
Bukan soal merindukan hidangan ibu saat sahur maupun saat ibu menghidangkan takjil di meja makan saat berbuka. Mengingatkan Pallu butung, Pisang ijo, Kolak, Es buah, Cendol dan lain-lain yang selalu jadi menu andalan saat berbuka. Bukan melulu soal syrup yang bisa melegakan tenggorokan sebagai pelepas dahaga setelah seharian ia kering. Bahkan beberapa merk syrup telah tayang lebih awal di TV  sebagai penanda bahwa kita sudah harus mempersiapkan diri.
            
Dulu sewaktu kecil yang paling dinantikan adalah suara sholawat sebelum adzan maghrib, bagi kalian yang berasal dari luar Sulawesi yang paling dinantikan pastilah suara bedug adzan mghrib. Dan yang selalu menjadi kerinduan adalah dzikir dan doa yang hadir di sela rakaat-rakaat Sholat taraweh. Meskipun ternyata tahun ini adalah Ramadhan yang sunyi karena Pandemi Covid-19. Jadi untuk tahun ini tidak ada sholat taraweh berjamaah di mesjid-mesjid, melainkan sholat taraweh di rumah saja.
            
Namun ada satu lagi hal yang selalu saya nantikan saat ramadhan tiba yaitu sinetron “Para Pencari Tuhan”. Sinetron ini adalah tayangan yang hampir wajib untuk kami sekeluarga.. Sinetron yang tayang di Stasiun televisi SCTV ini memasuki batch 13

Para pencari Tuhan 12
Salah satu adegan pemeran dalam PPT jilid 12

            

Ada yang beda dari tahun sebelumnya. PPT Jilid 12 yang harusnya tayang tahun lalu, di tayangkan berbarengan dengan  Jilid 13 tahun ini. Padahal sudah ditunggu-tunggu kemunculannya untuk menemani sahur, ternyata tidak tayang. Menurut rumor yang beredar sih, tidak ditayangkannya PPT jilid 12 dikarenakan kesibukan pemeran utama sinetron ini, yaitu Dedy Mizwar sebagai Wakil Bupati jawa Barat.


Para Pencari Tuhan 13
Para Pencari Tuhan Jilid 13
Sumber gambar Fimela.com

Awal Kemunculan Sinetron PPT

            
Awal perjalanan cerita Sinetron ini bercerita tentang perjalanan tiga orang mantan narapidana yaitu Chelsea(Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj), dan Juki (Isa Bajaj) mencari eksistensi Tuhan.
            
Barong yang selepas keluar dari rutan, mendapat penolakan oleh komplotan curanmor-nya lantaran tidak bisa menjaga kerahasiaan kawanannya di pengadilan, setali tiga uang dengan kisah juki yang mantan copet, ditolak olek emaknya saat kembali ke rumahnya. Sedangkan Chelsea mantan pengedar narkoba,selepas keluar dari rutan mencoba rujuk dengan mantan istrinya, Marni,. Namun ternyata istrinya sudah menikah dengan Polisi yang menjebloskannya ke Penjara.
            
Akhirnya secara tak sengaja mereka bertiga bertemu dan luntang lantung menyusuri kota Jakarta. Seharian itu mereka menjumpai warung-warung yang tutup. Mereka baru tersadar saat ada yang memberitahu mereka bahwa hari itu adalah hari pertama bulan puasa.

Para pencari Tuhan
Deddy Mizwar sebagai bang Jack  PPT
sumber gambar Wikipedia

            
Lalu akhirnya mereka bertiga pun tidak sengaja bertemu dengan seorang merbot, Bang Jack alias Ahmad  Zakaria (Deddy Mizwar), di sebuah musholla. Bang Jack  yang dulunya seorang tukang jagal, bertugas menjaga musholla At Taufiq.
            
Secara bertahap akhirnya bang jack menerima ketiga mantan narapidana tersebut sekaligus membimbing ketiganya ke jalanyang benar. Meskipun sebenarnya ilmu agama bang Jack juga paas-pasan, beruntung ada Aya (Zaskia Adya Mecca), yang membantunya. Aya adalah seorang gadis manis dan cerdas yang mengelola perpustakaan yang ada di Musholla At-Taufiq. Aya sangat paham soal agama, berhubung dia adalah adik ipar ustadz Fery (Akri patrio).

             

Daya tarik sinetron PPT 

Dalam sinetron ini juga menceritakan hubungan persahabatan antara Udin (Udin Nganga) dengan Asrul (Asrul Dahlan) dan dengan Pak Jalal (Jarwo kwat), pria terkaya yang ada di kampong Kincir.
            
Sinetron ini juga dibumbui kisah asmara antara Aya dengan Azzam (Agus Kuncoro).
Dan yang tak kalah serunya adalah persoalan social yang ada di lingkungan warga Kampung Kincir. Persoalan social yang ditampilkan dalam sinetron ini seakan menyindir persoalan social yang sedang menjadi trend di kehidupan nyata masyarakat kita.
            
Meskipun pada jilid 13 kini tidak lagi menampilkan beberapa tokoh-tokoh sebelumnya, tetapi Sinetron ini masih memiliki benang merah dengan jilid sebelumnya dan tidak kehilangan daya tariknya sedikitpun. Alasan tidak disertakannya pemain-pemain lama, seperti yang dilansir di laman web Fimela.com, menurut Deddy Mizwar, dikarenakan sulitnya menyesuaikan plot cerita dengan penokohan sebelumnya, dikarenakan persoalan yang dibangun oleh tokoh-tokoh tersebut sudah selesai.

Selain karena alasan itu, juga ada alasan lain yaitu dikarenakan kualita akting pemain lamayang sudah tidak diragukan lagi sehingga menjadi rebutan Production House, lanjut penuturan bang Deddy.

Sinetron bergenre komedi religi ini, tetap memiliki pesan-pesan agama yang disampaikan secara ringan, sehingga tidak berkesan menggurui, hal ini yang membuat saya selalu merindukan kehadiran sinetron ini.
            
Yang menjadi daya tarik lain dari sinetron ini adalah lagu pembuka dan penutupnya. Yang dibawakan oleh band-band ternama di negeri ini. Meskipun setiap tahunnya berbeda. Tapi dua band ini adalah langganan sinetron ini yaitu Band Ungu dan Band Gigi. Lagu-lagu pembuka sinetron ini, temanya tidak jauh-jauh dari genre religi.
            
Sinetron inilah yang selalu menemani waktu sahur kami hingga saat imsak. Tak pernah kami bosan menanti sinetron ini tayang setiap ramadhannya. Tulisan ini sekedar berbagi barangkali diantara kalian penggemar sinetron ini.


2 komentar:

  1. Memang luar biasa ini sinetron, bisa tayang sampai 13 tahun. Trio Bajaj pernah cerita, mereka pertama main masih lajang, sampai nikah, sampai punya anak. Luar biasa! Hahaha.

    Anyway kak, ada award untuk kita di blogku nah:
    https://daenggassing.com/cerita-ringan/mendapat-liebster-award/

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking lamanya baru buka-buka blog, baru saya lihat komentar ta daeng... maafkan ka kodong daeng... heehee

      Hapus