Sabtu, 02 November 2019

Selamat Ulang Tahun PT SEMEN TONASA, Semakin Kokoh, Semakin Terpercaya



                Welcome November rain. Selamat datang musim hujan. Ada banyak limpahan rindu yang turun bersama hujan dibulan November ini. Sebegitu rindunya hati ini hingga menndorongku menulis ini. “kenangan bersamamu”.

        Saya tidak sedang ingin mengenang seseorang  dalam tulisanku ini. Tapi saya ingin menceritakan tempat kelahiranku yang berulang tahun tepat ditanggal ini. Tanggal 2 November ini PT SEMEN TONASA merayakan hari jadinya yang ke- 59. Sebenarnya tidak bisa dibilang juga ini tempat kelahiranku.




            Begini alasannya, bapakku dulunya adalah pegawai PT.SEMEN TONASA. Dan kami tinggal di kompleks milik perusahaan PT.SEMEN TONASA. Kompleks pemukiman yang kami tinggali disana itu tidak kecil, boleh dibilang sebuah kampung. Mungkin ada yang bertanya-tanya, dimana itu Tonasa?


sumber gambar by Google


            Perusahaan Semen Tonasa, adalahperusahaan BUMN. PT SEMEN TONASA adalah produsen semen terbesar di kawasan timur Indonesia.yang menempati lahan seluas 715 hektar di desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep. Nama Semen Tonasa diambil dari kampong Tonasa, yang menjadi sumber bahan baku sekaligus lokasi pabrik yang paling pertama. Meskipun sekarang Semen Tonasa sudah tidak lagi memproduksi di daerah tonasa, dan perusahaan sudah mengekspansi wilayah sumber bahan baku ke wilayah lain.


Gedung Pusat semen Tonasa
Sumber gambar by Google
kantor pusat Semen Tonasa yang sekarang berlokasi di Biringere, Bungoro,.



Kantor lama Semen Tonasa
sumber gambar oleh Buyung Zulkifli
Gedung perkantoran Tonasa I yang sudah terbengkalai.

Kantor lama Semen Tonasa
sumber gambar : dokumentasi pribadi


            Dimana lokasi Tonasa 1? Tonasa 1 berada di Kecamatan Balocci Kabupaten pangkep, Sulawesi Selatan. Meski sekarang Pabrik Semen Tonasa sekarang sudah menjadi 5 unit dan tersebar di wilayah administrasi Pemda Pangkep


            Aku dan saudara-saudaraku semuanya dilahirkan dan dibesarkan disana. Jadi wajar saja kalau kami akan selalu merindukan tempat itu.


Fasum Perumahan Semen Tonasa I
Sumber gambar oleh Buyung Zulkifly
gereja Tonasa I
         Di kompleks itu lengkap tersedia sarana ibadah dan sarana pendidikan. Mulai dari sekolah taman kanak-kanak, SD, SMP, hingga  SMA. Sarana ibadahnya ada mesjid dan gereja. Kami pun hidup berdampingan meski berbeda suku & agama. Sejak kecil kami selalu diajarkan hidup bertoleransi. Kami saling menghargai perbedaan itu.

Mesjid Tonasa I
Sumber gambar oleh Buyung Zulkifli
Mesjid Jabal Nur Tonasa I


          Tak hanya  sarana ibadah dan pendidikan, di Tonasa juga ada rumah sakit. Selain itu perusahaan juga menyediakan sarana transportasi bagi warga Semen Tonasa sekitar 5 atau lebih armada bis. Bis ini diperuntukkan bagi warga yang akan pergi ke Kota Makassar entah untuk suatu keperluankahataupun hanya sekedar untuk refreshing.

          Masih dalam ingatanku, setiap akan ke kota, kami memesan karcis kepada petugas yang sudah ditunjuk. Jam keberangkatan juga sudah ditetapkan dan harus on time.

         Di Makassar kami diturunkan di kantor perwakilan perusahaaan yang letaknya di Jl. Khairil Anwar. Sampe sekarangpun kantor perwakilannya masih disitu. Dan untuk balik ke tonasa lagi, kami harus sudah ada ditempat itu satu jam sebelum keberangkatan. Hanya saja sekarang, sejak belasan tahun yang lalu, armada bus ini sudah ditiadakan.

Kompleks Perumahan Tonasa I
Sumber gambar oleh Buyung Zulkifli
            Perumahan pun disediakan gratis oleh perusahaan. Dan tidak ada tarif listrik yang dikenakan kepada penghuni kompleks. Enak khan. Iyya dong. Kenapa bisa kami gak bayar listrik?, karena Perusahaan Semen Tonasa memiliki pembangkit listrik sendiri. Baik itu untuk keperluan perusahaan, maupun keperluan warganya.


Kompleks perumahan Tonasa I
Sumber gambar oleh Buyung Zulkifli
Kompleks  perumahan karyawan PT SEMEN TONASA


            Itu pula yang sempat saya singgung saat membagikan tautan dimedsos saya, saya tidak kaget soal penggunaan barang-barang elektronik karena kami tidak ketinggalan trend gaya hidup, meskipun komplek Tonasa 1 itu jauh dari kota Makassar.


Gedung Serbaguna Tonasa I
Sumber gambar ileh Buyung Zulkifli
Gedung pertemuan Tonasa I, gedung ini berfungsi banyak, selain sebagai  aula, juga sebagai gedung olahraga indor


            Selain itu, jalanan di kompleks perumahan Tonasa sudah dari dulu bermandikan cahaya lampu mercury. Menurut kakak senior suami saya yang bukan penghuni kompleks tapi sering main ke kompleks kami dulu, dan sebuah ketidak sengajaan kami dipertemukan. Beliau bernostalgia tentang Kompleks Tonasa 1 dijamannya dulu.kebetulan beliau sering main ke rumah keluarganya yang juga tinggal di sana. Kala itu jalanan sepanjang kota Makassar kalah terangnya oleh  jalanan di kompleks kami.


LApangan Bola Tonasa I
Sumber gambar oleh Buyung Zulkifli
Lapangan sepak bola bagian sebelah kiri dari gedung pertemuan Tonasa.

Lapangan Bola Tonasa I
Sumber gambar oleh Buyung Zulkifli
Tanah lapang yang letaknya dibelakang gedung pertemuan.

            Saking terangnya, kami sewaktu kanak-kanak, sehabis belajar malam, kami masih lanjut bermain di jalanan pada malam hari. Betapa bahagianya mengenang masa kanak-kanak kami.

            Tapi keadaan kompleks Tonasa 1 yang dulu gemerlap, tidak lagi sama dengan keadaannya yang sekarang. Bahkan keadaanya sangat jauh berbeda. Saya sendiri tidak mengerti mengapa kependudukannya banyak dipindah ke kompleks tonasa yang baru. Sehingga kompleks Tonasa 1, sangat terabaikan.


Kantor Yayasan/Koperasi Karyawan Tonasa
Sumber gambar: dokumentasi pribadi
Kantor yayasan Tonasa.


            Dulu, disana sangat rindang, banyak pohon Akasia dan pohon Flamboyant juga pohon Mahoni. Sehingga kami saat pulang sekolah, meski berjalan kaki saja, kami tidak merasakan panasnya sengatan matahari.

            Hal itulah yang membuat senior saya, dan juga mantan penghuni kompleks dulu, merasa sangat sedih jika melihat keadaan Tonasa 1 yang kini tidak lagi terawat.

            Kami bisa apa? Kami tidak bisa berbuat banyak. Karena tonasa bukan milik kami. Kami hanya bisa mensyukuri dan merasa sangat beruntung pernah lahir dan besar di sana. Kami beruntung bisa menikmati fasilitas yang pernah Tonasa berikan pada kami. Dan kami pun bangga bisa bersekolah di sana. Dididik oleh tenaga pengajar pilihan perusahaan.

            Selamat ulang tahun PT. SEMEN TONASA. Dirgahayu. Meski kami tidak menghabis hidup kami di sana, tapi separuh memory kami terendap di sana. Kami bangga pernah menjadi bagian dari Semen Tonasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar