Beberapa
waktu lalu BPJS mengundang komunitas-komunitas yang ada di kota Makassar untuk
menghadiri Sosialisasi Gerakan Mobile JKN bersama Badan Usaha. Undangan yang
disampaikan oleh kak Ruby ke komunitas kami IIDN Makassar diiyakan oleh
beberapa anggota.
Saya
pun mengiyakan dengan semangat ingin tahu. Semangat ingin tahu saya tentang JKN
BPJS dikarenakan banyaknya informasi yang tidak jelas dari pengguna BPJS
lainnya.
Kepala BPJS memberi sambutan |
Kegiatan
sosialisasi hari itu memperkenalkan inovasi terbaru dari JKN yaitu mobile JKN
system informasi tentang JKN berbasis online. Semuanya berpusat pada satu
system. Mulai dari pendaftaran, system, tata cara pembayaran,juga informasi dan
pengaduan sudah secara online.
Pada
kegiatan sosialisasi hari itu yang bertempat di hotel Aston tidak sekedar sosialisasi
tapi juga penyerahan piagam penghargaan kepada badan usaha yang berperan aktif dalam
pemberian CSR kepada kaum yang tak mampu. Hal itu sangat relevan dengan prinsip
BPJS kesehatan yaitu gotong royong.
System
gotong royong yang menjadi prinsip kerja BPJS adalah peserta yang telah membayar
tapi sehat dan tidak menggunakan anggap saja kita bersedekah karena meskipun
kita memiliki uang jaminan kesehatan, tidak pernah ada yang bilang kalau sakit
itu enak. Akan tetapi kalau sakit lalu kita tidak memiliki uang penjamin
kesehatan hanya akan menambah beban pikiran yang memperparah sakit.
Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Badan Usaha Pemberi CSR |
Kembali
ke-moment penyerahan piagam penghargaan kepada badan usaha yang memberikan CSR
JKN kepada orang tak mampu diberikan kepada tiga badan usaha yaitu kepada:
- Optic internasional dengan jumlah peserta tanggungan 100 peserta dari panti asuhan. Dengan hak kelas 3.
- Claro hotel dengan jumlah peserta tanggungan sebanyak 131 orang peserta hak yang ditanggung dari panti asuhan dengan hak kelas 3. Sumber dana itu bukan hanya dari pihak pemilik hotel saja, tapi juga melalui sumbangan dari gaji karyawan yang sengaja mereka sisihkan untuk bisa membantu sesama.
- Pertamina Lubricants dengan jumlah peserta yang menajadi tanggungan sebanyak 194 orang dengan hak kelas 2. Peserta tanggungan perusahaan adalah para teknisi lepas.
Acara
selanjutnya yaitu pengenalan kelompok komunitas yang ada di Makassar. Ternyata
acara yang diadakan oleh JKN hari itu banyak dihadiri oleh komunitas-komunitas
yang ada di Makassar. Sebut saja Komunitas SADARI yang beranggotakan para
survivor eks penderita kanker, komunita Makassar Berkebun, komunitas FLP Forum
Lingkar Pena, Komunitas CCBC alias Celebes Cooking Baking Community, dan masih
banyak komunitas lainnya yang saya tidak bisa sebutkan karena lupa namanya…
heehee.., dan termasuk komunitas IIDN Makassar.
Sesi pengenalan komuitas di makassar |
Saat perkenalan komunitas itu, kak Ruby mewakili ketua IIDN Makassar yang tidak sempat hadir hari itu. Awalnya orang-orang bertanya IIDN itu komunitas apa yah. Setelah mendengar penjelasan kak Ruby barulah mereka tahu kepanjangan dari IIDN. Dan terlihat mereka kagum karena komunitas ini memberikan ruang motivasi buat emak-emak yang doyan menulis, termasuk saya salah satunya.
Sesi
selanjutnya adalah sesi Tanya jawab. Nah di sini saya dan peserta lainnya,
sangat antusias sekali. Mengingat banyak sekali pertanyaan dan komentar yang
sering saya dengar di masyarakat.
Sesi
Tanya jawab ini diberikan kepada pak Musrianto Tamrin. Di sini beliau
menjelaskan hak dan kewajiban perserta BPJS.
Hak
Peserta yaitu :
- Mendapatkan
kartu identitas
- Mendapatkan informasi hak & kewajiban
- Mendapatkan pelayanan
- Menyampaikan pengaduan
- Menentukan FKTP yang diinginkan
Kewajiban
peserta BPJS yaitu :
- Member data diri
- Melaporkan perubahan data, jika terjadi perubahan
- Menjaga kartu
- Mentaati prosedur
Beliau
juga menjelaskan soal rujukan ke Faskes lanjutan. Jika rujukan itu adalah
permintaan klien, maka itu tidak bisa di jamin oleh BPJS, kecuali rujukan itu
adalah permintaan dari faskes utama.
BPJS
ketenaga kerjaan berbeda dengan BPJS kesehatan, BPJS ketenaga kerjaan memprotek
pekerja dan hari tua, sedangkan kesehatan hanya memprotek kesehatan anggotanya
saja.
Aplikasi JKN mobile dirancang untuk memudahkan pesertanya. Kemudahannya karena disediakannya banyak fitur. fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut yaitu :
- Info JKN, memuat hal-hal teknis untuk menjadi peserta JKN
- Status Kepesertaan.
- Ubah data Peserta, jika ada perubahan data anggota keluarga yang terdaftar sebagai peserta.
- Kartu Peserta, berupa soft copy, digunakan saat kita lupa membawa kartu (fisik).
- Data tagihan peserta
- Pembayaran
- Data catatan pembayaran
- Pendaftaran pelayanan
- Skrining riwayat kesehatan
- Lokasi Fasilitas Kesehatan
- Pengaduan keluhan
Semoga dengan adanya Mobile JKN ini, semakin memudahkan pelayanan kepada pesertanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar