Kamis, 27 Februari 2020

Tiga Tanaman Hias Yang CocokBuat Anda Yang Sibuk Bekerja



Bagaimana perasaan anda jika melihat sebuah hutan atau sebuah taman yang hijau, asri, dan alami? Rasanya sangat menyegarkan bukan. Hal itu pastinya akan membuat anda betah berlama-lama duduk disitu, menikmati udara segar yang tercipta dari hasil fotosintesis tanaman-tanaman yang ada disekitar kita.

Tak perlu repot ke taman kalau anda sendiri penggemar tanaman dan memiliki beberapa koleksi tanaman hias di rumah anda.

Tapi tidak semua orang bisa memiliki tanaman hias. Sebenarnya memiliki dalam artian membeli tanaman hias sebagai penyegar udara di rumah, banyak yang bisa membelinya. Tapi memiliki dalam artian merawat tanaman hiat dengan baik hingga beranak pinak, tidaklah semudah yang kita pikirkan.

Kenapa? Karena tidak  semua orang memiliki waktu luang yang sama untuk bisa merawat tanaman hias sepenuh hati. Apalagi jikalau orang yang bersangkutan seorang wanita yang bekerja full time. Tapi jikalau anda wanita pekerja full time, tapi juga tetap ingin memelihara tanaman hias, berikut tanaman hias yang bisa anda pelihara tapi tidak menyita waktu anda:
1.    Kaktus dan Sukulen
Siapa yang tidak mengenal tanaman ini, hanya saja maaaasih banyak yang belum bisa membedakan antara kaktus dan sukulen.

sukulent
tanaman sukulent


Sukulen adalah tumbuhan yang karakternya bisa menyerap dan menyimpan air pada batang utama. Batangnya yang seluruhnya mengandung air. Karena kandungan air ini dipersiapkan sebagai bahan cadangan makanannya. karakter sukulen memiliki kelopak seperti daun.

kaktus
Tanaman kaktus



Sedangkan  kaktus, jaringan daunnya berupa duri. Jadi semua kaktus adalah sukulen, namun tidak semua sukulen adalah kaktus.

Secara fisiologis, mengingat daerah tempat tumbuh kaktus sebenarnya pada daerah berpasir. Dan karena kandungan air yang dimilikinya, makanya tanaman ini bisa tahan selama seminggu tanpa siraman air. Justru kalau kelebihan air, tanaman ini akan benyek.

Kabar baiknya lagi tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman indoor. jadi bisa membantu mata berelaksasi sepulang anda bekerja. dan untuk lebih artistiknya, kamu bisa membuat terrarium dengan tanaman kaktus dan sukulen.


terrarium
terrarium dengan kaktus sebagai tanamannya


2.    Anggrek
Tanaman dengan nama latinnya orchid ini, bisa anda pelihara tanpa repot. Penyiramannya yang hanya dengan semprotan sprayer, sudah cukup membuatnya bertahan. Tanaman ini bisa bertahan tanpa asupan air hingga 3 hari sampai seminggu. Asal jangan sampe sebulan juga ditinggalkan, bagaimana pun dia mahluk hidup. Dan sama seperti kaktus, tanaman ini sangat tidak menyulkai jika kelebihan air.



anggrek
anggrek punyaku

anggrek dan petunia
maaf, bunga petunianya juga pengen ikutan difoto

Media tanam anggrek, yaitu pecahan bataatau genting, sabut kelapa, dan cacahan pakis. Pecahan bata sebagai perekat akarnya, sedangkan cacahan pakis sebagai penyerap air dan nutrisi. Pecahan batu bata itu selain sebagai tempat berpegangnya akar, juga agar supaya air tidak sepenuhnya terserap dan juga sebagai ruang udara bagi tanaman anggrek.


3.    Adenium atau kamboja jepang


adenium
adenium

Habitat asli adenium ini memang seperti kaktus juga yaitu di daerah gurun berpasir. Tanaman ini bisa bertahan hidup di daerah kering karena memiliki bonggol yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Dan karena memiliki kelopak bunga yang cantik tanaman ini pun dijuluki mawar gurun.



bonsai adenium
bonsai adenium


Keindahan Adenium tidak hanya pada kelopak bunganya yang cerah. Tetapi juga terletak pada bonggol akarnya yang bisa menyerupai bonsai. Bonggol akar Adenium tidak serta merta terbentuk begitu saja, melainkan harus ditreatment khusus. butuh pengetahuan dan kessabaran melakukannya.

oh iya, sekarang pun sudah banyak dijual jenis-jenis adenium yang cantik-cantik, yang kelopaknya dobel bertumpuk, persis banget dengan bunga mawar.

Media tanam adenium hamper sama dengan kaktus melihat habitat aslinya. Komposisi media tanamnya yaitu tanah,pasir, dan kompos, semuanya 1:1.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar